Home » Politik » Wow! Kerugian PAD dari Parkir Hang Nadim Capai Rp 15 Milyar
Saturday, 3 February 2018 - 17:58 WIB

Wow! Kerugian PAD dari Parkir Hang Nadim Capai Rp 15 Milyar

Wow! Kerugian PAD dari Parkir Hang Nadim Capai Rp 15 Milyar Bandara Hang Nadim Batam

 

 
BATAM – DPRD Batam mempertanyakan penerimaan negara bukan pajak (PNBP) yang dipungut BP Batam sebesar seribu rupiah setiap kendaraan parkir di Bandara Hang Nadim. Menyusul terdapat kerugian luar biasa bagi pajak Kota Batam.

 

Sejauh ini untuk sekali parkir per dua jam sekali per kendaraan dipungut Rp 3 ribu. Dari jumlah tersebut, seribu rupiahnya langsung dipotong untuk PNBP. Seharusnya komponen keseluruhannya itu dihitung dahulu dari pajak, baru dibagi dengan PNBP.

 

“Ini yang menimbulkan kerugian luar biasa untuk Pemko Batam dari pajak pendapatan daerah (PPD) dari perparkiran di Bandara Hang Nadim,” ujar anggota DPRD Batam Komisi II, Salon Simatupang saat RDP dengan pengelola bandara.

 

DPRD memperkirakan total kerugian dari PAD perparkiran tersebut sebesar Rp 15 miliar selama 11 tahun atau Rp 1,2 miliar setiap tahunnya.

 

Seperti diketahui penghitungannya parkir di Bandara Hang Nadim Rp 3 ribu setiap durasi per dua jam sekali. Jumlah tersebut langsung dipotong seribu rupiah untuk PNBP yang disetor langsung ke rekening BP Batam. Sisa dua ribu rupiah selanjutnya BP Batam kembali mendapat jatah 39 persen dan Pemko Batam sebesar 25 persen.

 

“Jelas ini sistem penghitungan pajak yang tak benar. Makanya target dari pendapatan pajak parkir Batam tak pernah tercapai,” kecam Salon. (tya)

BERITA LAINNYA

MUI : Bawaslu Tugasnya Awasi KPU, Bukan Materi Khutbah

Dewan Desak DLH Tutup Tambang Ilegal di Batam

DPRD Batam Dukung e-Budgeting dan e-Perencanaan 2018

Komisi III DPRD Batam Panggil DLH dan DMP Atasi Banjir

Nuryanto Minta Taxol Bersabar

Ketua DPRD Kota Batam Pimpin RDP Tuntutan Driver Online

Budi Mardiyanto: Instansi Vertikal Masih Belum Melayani Sepenuh Hati

Ketua DPRD Kota Batam Sidak MPP

Ini Harapan DPRD Pada Direktur RSUD Batam Yang Baru

Komisi III DPRD Batam Sesalkan Lambatnya Pengangkutan Sampah