Home » Kepri » Walikota Batam Siapkan Gerobak Bagus untuk UKM
Jumat, 27 Juli 2018 - 06:03 WIB

Walikota Batam Siapkan Gerobak Bagus untuk UKM

Walikota Batam Siapkan Gerobak Bagus untuk UKM

BATAM – Sebanyak 16 UMKM di Kota Batam  menerima bantuan hibah  bantuan antara Rp 10-13 juta dari Kemenkop, Kamis (26/7/2018). 

“Pemberian akses pembiayaan dan bantuan modal awal usaha (startup capital) ini merupakan bagian dari program prioritas di bidang pembiayaan dalam rangka pegembangan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK), apalagi Batam merupakan wilayah kepulauan terluar dan perbatasan yang merupakan wilayah prioritas untuk diperhatikan,” kata Deputi Bidang Pembiayaan, Kemenkop dan UKM RI, Yuana Sutyowati.

Upaya ini, kata Yuana, menunjukan komitmen dan keseriusan Deputi Bidang Pembiayaan melalui sinergi dengan Walikota Batam dan dukungan Komisi VI DPR–RI untuk mengembangkan dan memberdayakan usaha mikro dan kecil agar mampu berkembang dan berdaya secara mandiri.

Pada momentum ini juga diadakan Forum Konsultasi Pembiayaan yang bertujuan untuk penguatan peran koperasi sebagai Lembaga Keuangan Formal bagi UMK. 

“Harapan kami dalam Forum Konsultasi ini dapat melihat dan mendengar usulan, masukan dan saran serta hambatan dan kendala dari Dinas Koperasi dan UKM seluruh Indonesia dalam pelaksanaan program–program strategis Deputi Bidang Pembiayaan yang selama ini telah, sedang dan akan dijalankan. Sehingga ke depan implementasi program Deputi Bidang Pembiayaan menjadi lebih optimal,” ujarnya.

Walikota Batam, Muhammad Rudi mengatakan ingin pelaku usaha mikro kecilnya seperti UKM di negara tetangga, Singapura dan Malaysia. Oleh karena itu ia ingin usaha mikro kecil bisa mendapat berbagai kemudahan untuk pengembangan bisnisnya.

“Misal kuliner, kalau UKM kita jualan banyak diprotes orang luar soal kebersihannya. Kalau tidak kita siapkan, akan kalah dari orang lain. Tahun depan insya Allah Batam Centre jadi pusat kuliner. Gerobak UKM-nya pun akan kita siapkan. Saya sudah siapkan gerobak yang bagus. Tidak boleh pakai kayu lapuk lagi. Tak boleh air satu ember untuk nyuci berulang kali. Hal-hal seperti ini harus kita perhatikan,” sebut Rudi. (man/mcb) 

BERITA LAINNYA

BKS Desak RUU Daerah Kepulauan Jadi UU

Urus WTO dan IPH Kini Lebih Mudah di BLINK BP Batam

Pemko Batam Gelar Lomba Semarak Agustusan

Api Berasal dari Panti Pijat SP Plaza

SP Plaza Sagulung Terbakar

Gubernur Irup Apel Kebersamaan TNI-Polri dan Pemprov Kepri

Siswa SMP 25 Batam Juara Kejurnas Aliansi Kungfu Tradisional Indonesia

Bayar Gaji di Bawah UMK Batam, Buruh Ancam Lapor Disnaker

Pawai Takbir Keliling Dimulai dari Palm Spring Batam Centre

50 Anggota DPRD Batam Terima THR