Home » Dunia » UMNO Bakal Kehilangan Kursi Banyak di Parlemen
Kamis, 12 April 2018 - 01:19 WIB

UMNO Bakal Kehilangan Kursi Banyak di Parlemen

UMNO Bakal Kehilangan Kursi Banyak di Parlemen

KUALA LUMPUR – Malaysia akan menggelar Pemilu pada 9 Mei 2018. Pemilu itu akan menjadi pesta demokrasi terberat bagi koalisi Barisan Nasional yang telah berkuasa 61 tahun.  

 

Para kandidat harus mendaftar hingga 28 April. Itu artinya masa kampanye berlangsung selama 11 hari.

 

Perdana Menteri (PM) Malaysia Najib Razak mengakhiri beberapa bulan spekulasi saat dia mengumumkan pembubaran parlemen pada Jumat (6/4). Langkah itu membuka jalan untuk pemilu.

 

Najib akan menghadapi lawan terberatnya yakni mentor lamanya dan mantan PM Mahathir Mohamad. Najib diperkirakan tetap berkuasa tapi kehilangan banyak kursi sehingga dia akan mendapat tantangan dari dalam partainya sendiri, Organisasi Nasional Melayu Bersatu (UMNO).

 

Beberapa pengamat mengungkapkan sejumlah alasan mengapa Najib dan Barisan Nasional akan tetap menang dalam pemilu tersebut. Koalisi Najib memang gagal meraih suara populer pada pemilu 2013 dengan mendapat 47,3% suara tapi sistem parlementer “yang pertama meraih kursi” dan batas elektoral membuat Barisan Nasional meraih kursi mayoritas di parlemen.

 

Pada akhir Maret lalu, parlemen menyepakati perubahan batas elektoral di negara bagian yang akan menguntungkan UMNO di wilayah pedesaan. Sebanyak 30% populasi Malaysia tinggal di wilayah pedesaan yang menyumbang lebih dari setengah kursi di parlemen. Saat ini Barisan Nasional menargetkan perolehan suara dari wilayah pedesaan dengan berbagai program pemerintah yang menguntungkan warga desa.

 

Saat ini oposisi kesulitan menyatukan langkah. Mahathir, 92, telah menciptakan persatuan di kelompok oposisi Pakatan Haran sebagai ketua, tapi ada banyak pihak di oposisi yang mencurigainya karena dia pernah menyerang berbagai lembaga independen saat berkuasa pada 1981 dan 2003.

 

 

sumber : sindonews

BERITA LAINNYA

Puluhan Penumpang Jet Airways Terluka

Aung San Suu Kyi Tipu Amerika Serikat

Erdogan: Turki Masih Punya Allah

Tiga Wartawan Tewas Diberondong Senapan

Syiah Iran Bertekad Bombardir Arab Saudi

Presiden Pelindung Umat Islam “Erdogan” Menang Pemilu

Pesawat Timnas Arab Saudi Nyaris Meledak

Muhammad Yusuf Simbol Matinya Pers Indonesia

Kaki Tangan Jokowi Jalin Hubungan Dengan Israel

NATO-Rusia di Ambang Perang Terbuka