Home » Ekonomi » Ritel OG Home Batam Tutup Total, PHK Makin Berjibun
Selasa, 31 Oktober 2017 - 13:28 WIB

Ritel OG Home Batam Tutup Total, PHK Makin Berjibun

Ritel OG Home Batam Tutup Total, PHK Makin Berjibun Pusat ritel di Tanah Air terus berguguran di tengah gencarnya e-commerce termasuk OG Home di Batam

 

 

BATAM – Industri ritel saat ini sedang mengalami masa-masa sulit di tengah gempuran toko berbasis online atau e-commerce. Kejadian ini membuat peritel banyak yang menutup beberapa atau semua gerainya agar tidak mengalami kerugian lebih besar lagi.

 

Setelah gerai ditutup, dampak yang akan timbul selanjutnya yakni terjadinya pemutusan hubungan kerja (PHK). Namun, jumlah PHK tersebut saat ini sedang dihitung oleh Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker).

 

Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri menjelaskan, pihaknya sudah menindaklanjuti dampak tutupnya beberapa gerai ritel di Indonesia. “Masih dilakukan pendataan, sebagian sudah ditangani,” ujar Hanif seperti dikutip sindonews.com, Selasa (31/10/2017).

 

Dia mengatakan, Kemenaker sedang dalam proses penghitungan jumlah pegawai di industri ritel yang kehilangan pekerjaan. Kalkulasi harus dilakukan agar ada kepastian data serta mencari solusi dalam mengakomodir korban PHK tersebut. “Ini terus harus dilakukan,” ucap dia.

 

Sementara, lanjut Hanif, industri ritel yang telah berguguran tidak bisa dihindari karena laju bisnisnya kalah kencang dari e-commerce. Namun, Kemenaker tidak fokus ke arah perubahan era ekonomi digital ini, melainkan mengamankan para tenaga kerja yang ada.

 

“Kan ada masalah-masalah kompetisi di situ tapi intinya dampak tenaga kerja kita tangani,” ujarnya.

 

Seperti diketahui, belum lama ini Lotus Department Store yang terletak di Jalan MH Thamrin, Jakarta, tepatnya di kawasan Djakarta Theater Menara Cakrawala Jakarta Pusat, akan menutup tokonya.

 

Sedangkan di Kota Batam ritel OG Home yang ada di Harbourbay Batam juga resmi menutup usahanya, Senin (30/10/2017). Kondisi ini menambah daftar panjang jumlah PHK dan angka pengangguran di Kota Batam. (man)

BERITA LAINNYA

Lukita: Wujudkan Batam Maju dan Madani Sebagai Teras NKRI Bagian Barat

Bank BUMN Tidak Pro Rakyat

BP Batam Gelar Perlombaan Hari Bakti ke 47

Gratis!!! BP Batam Gelar Baksos Bibir Sumbing dan Telinga

Bupati Bintan Minta Tambahan Pupuk Subsidi 334 Ton

Ini Sektor Unggulan BP Batam Gaet Investor

Setelah 20 Tahun, Eks Mandarin Hotel Batam Itu Resmi Tutup

PT SIS Ekspor 12.000 Unit All New Ertiga ke 29 Negara

BP Batam Sosialisasi Tracking Sistem Fasilitas Pembebasan Cukai

Lukita Tawarkan Potensi Investasi Batam di Singapura