Home » Politik » Pansus LKPJ Rekomendasi Puskesmas Jadi BLU
Jumat, 1 Juni 2018 - 01:30 WIB

Pansus LKPJ Rekomendasi Puskesmas Jadi BLU

Pansus LKPJ Rekomendasi Puskesmas Jadi BLU Riki Indrakari

 

BATAM – Pemko akan mengkaji rekomendasi DPRD Batam yang disampaikan melalui Pansus LKPJ Wali Kota Batam tahun 2017. Rekomendasi dewan itu, minta agar Puskesmas dijadikan badan layanan umum (BLU), rumah sakit tipe D.

 

Sebelumnya, Pansus LKPJ Wako Batam mengeluarkan sejumlah rekomendasi untuk ditindaklanjuti Pemko Batam. Sebagaimana disampaikan Ketua Pansus, Riky Indrakari, salah satu rekomendasi terkait usulan perubahan status Puskesmas.

 

”Merekomendasikan perubahan status Puskesmas menjadi BLUD sebagai persiapan menjadi Rumah Sakit tipe D dalam rangka meningkatkan pelayanan Prima kepada Masyarakat,” kata Riky.

 

Usulan itu berpotensi dijalankan. Namun perubahan status Puskesmas juga bisa mengubah orientasi Puskesmas pada keuntungan.

 

Menurut Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad, walau belum membahas usulan itu, tapi Pemko akan membahasnya.

 

”Kita akan kaji dan dampaknya itu perlu kita cermati. Tapi akan berbahaya juga kalau pelayanan kesehatan berorientasi pada omset. Kalau BLU, jadi komersial. Jadi harus kajian. Tapi terbuka kesitu,” kata Amsakar Selasa (22/5) di Batam.

 

Dampak perubahan status Puskesmas jadi BLU Rumah Sakit tipe D, pada keuangan. Selain itu, pada orientasi pelayanan yang terpengaruh pada target keuntungan. Selain itu, biaya pengeluaran akan lebih besar untuk pegawai.

 

”Tata kelola keuangannya nanti langsung di BLU. Tapi kerja dibuat pertanggungjawaban sendiri. Mereka akan mengelola keuangan sendiri. Beda sekarang (Dinkes). Pejabatnya juga dipimpin Direktur,” jelasnnya.

BERITA LAINNYA

Pilpres 2019 : Pertarungan Poros Beijing vs Mekah

Ketua DPRD Imbau Karyawan Laporkan PT SOS

Keluarga Besar DPRD Batam Gelar Silaturahmi

Dewan Nilai PSB Sistem Zonasi Cocok di Hinterland

Sekertariat DPRD Kota Batam Lakukan Goro

Gatot: Setop Larang Umat Islam Bicara Politik di Masjid

DPRD Batam Soroti UNBK Tak Serentak

Jelang Ramadhan, Disperindag Didesak Verifikasi Pasar

Politik Tak Bisa Dipisah dari Agama Islam

Menang di Survei, Perjalanan Jokowi Mirip Ahok