Home » Dunia » Pangeran Saudi : Kami Siap Gempur Syiah Iran
Minggu, 1 April 2018 - 05:57 WIB

Pangeran Saudi : Kami Siap Gempur Syiah Iran

Pangeran Saudi : Kami Siap Gempur Syiah Iran

AMERIKA – Perang terbuka antara Arab Saudi dengan Iran (Syiah) diprediksi segera pecah. Bahkan secara terbuka Menteri Pertahanan Saudi Mohammed bin Salman telah menyerukan dunia memboikot Iran secara ekonomi dan politik. 

 

“Sanksi akan menciptakan lebih banyak tekanan pada rezim (Syiah Iran),” ungkap Mohammed Putra Mahkota Arab Saudi dikutip laman The Wall Street Journal.

 

Pangeran Mohammed menilai, saat ini pengaruh Iran di wilayah Arab semakin kuat. Kendati demikian, hal itu memang sebaiknya tidak dihadapi dengan opsi-opsi kekerasan.

 

“Kita harus bisa menghindari konflik militer. Jika kami tidak berhasil dalam apa yang kami coba lakukan, kami kemungkinan akan berperang dengan Iran dalam 10-15 tahun,” ujar Pangeran Mohammed.

 

Saat ini Saudi diketahui tengah terlibat konfrontasi militer dengan kelompok Houthi di Yaman. Houthi merupakan kelompok pemberontak yang didukungan militer dari Iran.

 

Namun Teheran membantah tuduhan tersebut. Iran mengklaim justru Saudi adalah salah satu pihak yang memainkan peran destabilisasi di wilayah tersebut.

 

Konfrontasi militer antara Saudi dengan Houthi di Yaman telah memasuki tahun ketiga. Perang antara kedua kubu ini telah menyebabkan Yaman dilanda bencana kemanusiaan terburu di dunia. Sedikitnya 10 ribu orang telah tewas akibat pertempuran tersebut.

 

Kendati demikian, Pangeran Mohammed, yang juga dipercaya menjabat sebagai menteri pertahanan Saudi mengatakan, intervensi militer di Yaman memang perlu dilakukan. Bila hal itu tidak dilakukan, krisis yang lebih buruk akan terjadi.

 

“Jika kita tidak bertindak pada tahun 2015, Yaman akan dibelah dua antara Houthi dan al-Qaeda,” ucapnya.

 

sumber: republika

BERITA LAINNYA

Mungkinkah Israel dan Iran Perang Terbuka

Antisipasi Perang Dunia III, Warga Rusia Stok Pangan di Bungker

UMNO Bakal Kehilangan Kursi Banyak di Parlemen

Jepang Siap Hancurkan Militer Cina

Raja Salman Tegas Dukung Palestina Berdaulat

Dunia di Ambang Perang Dingin Jilid 2

Syiah Houthi Serang Arab Saudi

Rusia Jadi Momok Menakutkan Uni Eropa

Marcus-Kevin Gondol All England Kedua

Marcus-Kevin Berpeluang Pertahankan Gelar All England