Home » Cahaya Ilahi » Mayoritas Awal Puasa 2018 Serentak
Rabu, 16 Mei 2018 - 06:01 WIB

Mayoritas Awal Puasa 2018 Serentak

Mayoritas Awal Puasa 2018 Serentak Aktivitas rukyatul hilal ini untuk mengetahui awal dalam penanggalan Islam, seperti awal Ramadhan, Syawal dan Zulhijjah. Foto: islamtoday

 

JAKARTA – Pemerintah mengumumkan awal puasa 1 Ramadhan 1439 Hijriah tepat jatuh pada Kamis, 17 Mei 2018. Ini diputuskan menyusul hilal atau bulan masih di bawah ufuk.

 

“Dari pelaku rukyatul hilal yang tersebar 95 titik dan sampai sidang digelar kita menerima 32 laporan kesaksian laporan itu, tidak satu pun yang berhasil melihat hilal. Perhitungan hisab dan rukyatul hilal dan sebagai mana ketentuan maka bulan Syaban kita genapkan, kita sempurnakan menjadi 30 hari. Maka 1 Ramahan 1439 Hijriah jatuh pada Kamis 17 Mei 2018,” kata Menteri Agama Lukman Hakim Syaefuddin saat menyampaikan hasil sidang di Kementerian Agama, Jakarta, Selasa 15 Mei 2018.

 

Sidang Isbat ini juga dihadiri Ketua MUI, Ketua Komisi VIII, dan perwakilan Kedutaan Besar negara sahabat, dan para tamu undangan seperti perwakilan dari ormas dan LSM.

 

Berdasarkan hasil hisab di Pulau Karya, Kepulauan Seribu, menyatakan pada hari ini bulan belum terlihat dan umur bulan dipastikan kurang dari 8 jam dan ketinggian bulan keruang dari 2 derajad.

 

Lebih awal Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah sudah lebih dahulu menetapkan 1 Ramadan jatuh pada Kamis 17 Mei 2018 mendatang. Sementara untuk 1 Syawal 1439 Hijriyah atau Hari Raya Idul Fitri pada Jumat 15 Juni 2018.

 

Wakil Ketua Majelis Tarjih dan Tajdid Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Oman Fathurrahman mengatakan, ada tiga syarat dalam perhitungan awal Ramadan. Pertama yaitu ijtimak atau konjungsi bulan dan matahari.

sumber : viva

su

BERITA LAINNYA

Ramadhan Memberi Berkah Bagi Warga Belakangpadang

Nurdin : Jangan Lupakan Tujuan Hidup Kita di Dunia

Waspada Misi Relawan Antipolitisasi Masjid

Gubernur Kepri: Jauhi Kedengkian dan Adu Domba

Rekayasa Allah SWT Sungguh Sempurna

Waspada, Buku 57 Khutbah Jumat Berpaham Syiah

Ayo Gabung Bersama 212 Mart Batam

Salju Selimuti Tabuk, Tanda Kiamat Semakin Dekat

Indonesia Darurat LGBT dan Zina, Gempa Beruntun Hantam Jogja dan Jakarta

Catat! Inilah Jadwal Ustadz Abdul Somad di Batam dan Kepri