Home » Kepri » KEK Tanjungsauh Nongsa Tuntas Tahun 2018
Jumat, 27 April 2018 - 20:43 WIB

KEK Tanjungsauh Nongsa Tuntas Tahun 2018

KEK Tanjungsauh Nongsa Tuntas Tahun 2018

BATAM – Gubernur Kepri H Nurdin Basirun yakin Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjungsauh dan Nongsa Batam terealisasi tahun ini. Apalagi pihak-pihak yang terkait terus memenuhi persyaratan yang diminta.

 

“Kita ingin tahun itu. KEK Tanjungsauh dan Nongsa tersebut untuk percepatan pertumbuhan ekonomi dan pembentukan pusat pertumbuhan ekonomi baru,” kata Nurdin saat menghadiri Pembahasan Pembentukan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Nongsa dan Tanjungsauh di Hotel Aryaduta, Jakarta, Kamis (26/4).

 

Nurdin menyebutkan, tujuan KEK tersebut memang mendorong dan mensinergikan pertumbuhan ekonomi baru untuk pengembangan Batam – Bintan. Di Tanjungsauh, juga dibuat dengan tujuan mengembangkan terminal kontainer internasional dan alih kapal.

 

“Intinya, harus ada kawasan industri untuk menopang Batam dan Bintan,” kata Nurdin.

 

KEK Tanjungsauh nantinya akan terintegrasi dengan Jembatan Batam Bintan. Selain untuk pembangunan ekonomi juga penting untuk memperlihatkan martabat bangsa.

 

Rapat ini dipimpin Wahyu Utomo, Deputi Bidang Percepatan Infrastruktur dan Pengembangan Wilayah Kemenko Eko selaku Ketua Tim Pelaksana KEK. Rapat akan ditindaklanjuti oleh Tim Teknis KEK terkait pembangian peran dan fungsi Pemprov Kepri, Pemko Batam dan Badan Pengusahaan Batam.

 

Untuk Nongsa, ada tiga tahap pengembangan KEK-nya untuk lahan seluas 166,46 hektare. Tahap pertama, di lahan seluas 72,97 hektare sudah terbangun dan beroperasi. Tahap dua, seluas 7,61 hektare sedang dalam proses pengerjaan. Sementara, di lahat seluas 65,87 hektare menjadi kawasan yang akan ln dikembangkan hingga beberapa tahun ke depan.

 

Bagi Nurdin, direstuinya KEK Tanjungsauh dan Nongsa akan memberi manfaat besar bagi pertumbuhan ekonomi Kepri. Kawasan-kawasan ekonomi khusus itu, tambah Nurdin, harus dimaksimalkan bagi kemakmuran rakyat.

 

“Semoga KEK ini semakin membuat masyarakat Kepri sejahtera,” kata Nurdin. (adv)

BERITA LAINNYA

Kejarlah Dunia Tapi Jangan Lupakan Akhirat

Pegawai Pemprov Kepri Harus Melek Teknologi Informasi

Genjot PAD, Pemprov Kepri Gesa Konsesi ATB

Pelayanan RSUP Kepri Bikin Gubernur Geleng-geleng

Nissa Sabyan Meriahkan Pembukaan MTQ Batam ke-29

Pemerintah Cabut Status Quo Rempang Galang

Wawako Lantik Dewan Hakim MTQ Batam ke-29

Wagub Kepri Imbau Masyarakat Bintan Bentengi Diri dengan Alquran

Genjot Pertumbuhan Ekonomi Kepri, Pelabuhan Batuampar Harus Diperluas

Diduga Gegara Puntung Rokok, Hutan DAM Mukakuning Terbakar