Home » Nasional » Dana THR dan Gaji ke-13 PNS Ternyata Diambil dari APBD
Senin, 4 Juni 2018 - 06:09 WIB

Dana THR dan Gaji ke-13 PNS Ternyata Diambil dari APBD

Dana THR dan Gaji ke-13 PNS Ternyata Diambil dari APBD Jokowi

 

JAKARTA – Pemberian THR dan gaji ke-13 PNS dan Pensiunan belakangan membuat heboh masyakarat. Sebab pengumumannya langsung disampaikan Jokowi atau setahun jelang Pilpres 2019. Ada apa ?

 

Namun ironisnya pemberian THR dan gaji ke-13 itu sangat membebani daerah. Menyusul sumber anggaran ternyata berasal dari APBD masing-masing daerah.

 

“Kalau anggaran THR dan gaji ke-13 belum disediakan daerah, kami (Kemendagri) memandu bahwa sumbernya itu bisa dari tiga unsur; bisa diambil dari anggaran Belanja Tidak Terduga, kalau belum cukup juga bisa melakukan penjadwalan ulang kegiatan, dan kalau masih belum cukup juga ya mengambil uang yang tersedia di kas daerah,” kata Direktur Jenderal Bina Keuangan Daerah Kemendagri Syarifuddin di Jakarta, Ahad (3/6).

 

Kebijakan pemberian THR dan gaji ke-13 untuk tahun 2018 berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, yakni dengan ditambahkan tunjangan kinerja. Sehingga penerima THR akan mendapatkan tunjangan sebesar hak keuangan bulanan.

 

Sebelumnya Ketua MPR Zulkifli Hasan mempertanyakan dana THR dan gaji ke-13 dengan ditambahkan tunjangan kinerja. “Kalau dulu hanya gaji pokok tapi sekarang ditambah tunjangan, jangan sampai Menkeu blunder lagi. Banyak kepala daerah bertanya uangnya dari mana? Ingat ini bahaya,” kata Zulkifli di Gedung MPR, 30 Mei 2018. (man/rep/dtc/)

BERITA LAINNYA

Rezim Jokowi Anggap Nyawa Rakyat Hanya Untuk Bahan Pelajaran

Komnas HAM Kutuk Penistaan Rezim Jokowi Pada Wartawan

H-5 Lebaran 2018, Lonjakan Pemudik di Bandara Hang Nadim Meningkat

Waspadai Agenda Setting Istilah “Masjid Radikal”

Penggerudukan Radar Bogor Ancam Kebebasan Pers

Rilis 200 Ulama, Bukti Diskriminasi Rezim Jokowi Pada Umat Islam

Waspadai Proxy War dalam Agenda 200 Daftar Mubalig

Gempa Tektonik Guncang Gunung Salak Bogor

TKA Cina Serbu Indonesia, Kita Kerja Apa ?

Investor Cina Hanya Sisakan Kotoran Untuk Indonesia