Home » Nasional » Dana THR dan Gaji ke-13 PNS Ternyata Diambil dari APBD
Senin, 4 Juni 2018 - 06:09 WIB

Dana THR dan Gaji ke-13 PNS Ternyata Diambil dari APBD

Dana THR dan Gaji ke-13 PNS Ternyata Diambil dari APBD Jokowi

 

JAKARTA – Pemberian THR dan gaji ke-13 PNS dan Pensiunan belakangan membuat heboh masyakarat. Sebab pengumumannya langsung disampaikan Jokowi atau setahun jelang Pilpres 2019. Ada apa ?

 

Namun ironisnya pemberian THR dan gaji ke-13 itu sangat membebani daerah. Menyusul sumber anggaran ternyata berasal dari APBD masing-masing daerah.

 

“Kalau anggaran THR dan gaji ke-13 belum disediakan daerah, kami (Kemendagri) memandu bahwa sumbernya itu bisa dari tiga unsur; bisa diambil dari anggaran Belanja Tidak Terduga, kalau belum cukup juga bisa melakukan penjadwalan ulang kegiatan, dan kalau masih belum cukup juga ya mengambil uang yang tersedia di kas daerah,” kata Direktur Jenderal Bina Keuangan Daerah Kemendagri Syarifuddin di Jakarta, Ahad (3/6).

 

Kebijakan pemberian THR dan gaji ke-13 untuk tahun 2018 berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, yakni dengan ditambahkan tunjangan kinerja. Sehingga penerima THR akan mendapatkan tunjangan sebesar hak keuangan bulanan.

 

Sebelumnya Ketua MPR Zulkifli Hasan mempertanyakan dana THR dan gaji ke-13 dengan ditambahkan tunjangan kinerja. “Kalau dulu hanya gaji pokok tapi sekarang ditambah tunjangan, jangan sampai Menkeu blunder lagi. Banyak kepala daerah bertanya uangnya dari mana? Ingat ini bahaya,” kata Zulkifli di Gedung MPR, 30 Mei 2018. (man/rep/dtc/)

BERITA LAINNYA

Lombok Kembali Diguncang Gempa 7.0 SR

SBY Dukung Penuh Pasangan Prabowo-Sandi

Putri TGB Terluka Akibat Gempa Susulan 6,2 SR

Tingkatkan Pelayanan Publik, BP Batam dan Ombudsman Siap Bangun Kemitraan

Korban Gempa Lombok Sudah 82 Orang, Ribuan Turis Terisolir di Gili Trawangan

Gempa 7 SR Guncang Lombok, Tsunami Capai Setengah Meter

BP Berharap Obor Asian Games Lintasi Batam

Begini Strategi BP Batam Hadapi Isu di Masyarakat

Umat Islam Dukung Koalisi SBY-Prabowo Selamatkan Indonesia dari Kebangkrutan

Pascadukung Jokowi, TGB Makin Nyinyir Pada Umat Islam